The Adventure of Learning

Tutorial Internet pake HP GSM + bluetooth + im3 + PC di kos /Rumah

Posted on: 3 December 2007

Seharusnya tutorial ini sudah banyak yang tahu. Tapi saya lihat di sekitar banyak orang yang tidak tahu.

Kebutuhan ngenet yang tinggi dari mahasiswa hingga anak-anak SMU dan SMP membuat banyak cara yang harus dilakukan.

Cara-cara yang sudah ada :

1. Ngenet di Warnet (paling banyak dilakukan)

2. Ngenet di Rumah temen (biasa cari gratisan)

3. Ngenet di kampus (ini aja masih bayar, lemot lagi)

4. Ngenet di Wifi gratisan (simpang lima,matahari,telkom,kampus,dll)

5. Ngenet di rumah pake telkomnet@instant

6. Daftar speedy atau fastnet (wah kalo ini udah bayar bulanan mana kuat mahasiswa, kalo nge Kos gimana daftar speedy ?apa boleh sama ibu kos ?dikira macam2.

7. Ngenet pake HP (HP yang enak untuk browsing),ga punya HP yang mahal.

8. Ngenet pake HP sebagai modem, tapi browsing lewat computer (wah ini kayaknya pas dengan apa yang saya punya).Bisa pake GSM atau CDMA.

9. dll

Tutorial ini akan memberikan trik/cara/metode (halah opo to kie ngebak2i teks wae) ngenet dengan HP GSM sebagai modem dengan interaksi dengan computer + bantuan bluetooth + kartu GSM (aku pake im3 aja).

Kalo alasan ekonomis teman2 bisa bandingkan sendiri melalui tarif2nya masing2.

Kalo ngenet di warnet :biaya ngenet/jam + parkir + cemilan + minum : Rp ????? (untuk efesiensi bawa sendiri)

Kalo ngenet pake speedy : harus daftar dulu kalo punya telp kabel belum kalo g bisa dipasangi karena jaringanya tidak support,kalo g punya ya….

Kalo ngenet pake telkomnet@instan 1jam=Rp6000 (itu sabtu/ahad aja).

Kalo pake HP (wah ini solusi berdiam diri di rumah tapi dapat info). Tentu saja lihat2 dulu apa yang kita punya.
Syarat :

1. HP kita apa ?CDMA/GSM

2. HP kita udah ada modem internal ?

3. Kartu GSM atau CDMA

4. Peralatan lain.

Tutorial ini memakai HP GSM (support bluetooth), kartu IM3 (ada pulsanya),laptop/pc (nggak rusak),bluetooth (kebetulan merek nya itech dengan driver broadcom.

image0021.jpg

Laptop,HP n-gage, bluetooth

http://www.google.com
(cara mudah cari ilmu dan troubleshooting)

Saatnya ngoprek kalo udah siap.

1. Siapkan setting GPRS di HP kamu.

Kalo satelindo untuk yang volume base :

Data bearer : GPRS

Access-point-name : www.indosat-m3.net

Username : gprs

Pass : im3

Gateway ip address : 10.19.19.19

Homepage : http://wap.m3.access.com

2. Konek dulu internet melalui browser di HP kamu

3. Jika berhasil maka kini baru konek pake PC,tapi setting dulu komputernya.

4. Install bluetooth

5. Pasang bluetooth dan Start bluetooth di PC

image0061.jpg

6. Nyalakan bluetooth di HP

7. Kemudian quick connect dial-up networking >> nokia n-gage, belum ada devicemu maka other device >> pilih HP mu >>

8. Jika belum diinstall modemu nanti akan ditanyai untuk diinstall.

9. Jika udah diinstall maka di device managermu kelihatan nama modemmu.see in klik kanan My computer >> properties >> device manager >>

image008.jpg


image010.jpg

image012.jpg

Klik kanan di Bluetooth modem properties

image014.jpg

Klik tab >> advance isi dengan at+cgdcont=1,”ip”,”indosatgprs”

10. Klo udah settingnya klik Kemudian quick connect dial-up networking >> nokia n-gage,atau pilih HP mu lagi

image016.jpg

Hasilnya

image018.jpg

Jika ada baloon di kanan taskbar maka klik dan isikan kode 1234 di PC

Kemudian isikan kode 1234 di Hpmu

image020.jpg

Muncul deh tampilan spt di atas. Ketik username gprs,password : im3 dan dial : *99#

Jika ada ada tanda konek di network connection : start menu >> all programs >> accessories >> communication >> network connection

image022.jpg

Kemudian muncul dan klik kanan >> connect

image024.jpg

Langkah akhir jika udah ada tanda connected maka tinggal ambil intenet explorer atau mozilla firefox tinggal ketik google enter pada addressnya.

Silahkan menikmati.

Jika terjadi hal yang beda bisa dikarenakan apa yang saya pake dengan kamu beda tapi pada dasarnya sama.

Jika bingung maka bisa comment, kita diskusi bareng di sini.

Sulax

IT consultan in Power Computer and Sulax Computer

63 Responses to "Tutorial Internet pake HP GSM + bluetooth + im3 + PC di kos /Rumah"

aku pemakai ngage mau ngenet dgn im3.tp msh g konek2,error meluluuu,aku tnggu solusinya diemailku ya,tq

coba dulu tutorialnya sampai selesai, agak teliti ya…
tutorialnya udah sangat komplet. Kalo nggak kamu kasih tau errornya dimana ?

salam kenal ya !!! mau tanya boleh kan??? sy pake hp Nokia 3230 ,internetan nya bukan lewat bluetooth kyk yang di sini ,tapi sy pake Kabel data DKU-2 ,Software PC-Suite 7.0,Masalah nya gini MODEM nya dah ke detect ,tapi setiap di connect ke internet atau di dial-up suka keluar pesan
“error 692:there was a hardware failure in the modem (or other connecting device). ” sy Diagnosis Modem nya ga ada respon ,CID nya dah gonta -ganti tetep aja error kenapa ya ??? Tolongin donk

kalo kabel data lebih mudah malahan.
Yang penting pake Driver yang sesuai dengan HP kamu (pake CD bawaan).
Terus kamu instal PCsuitenya. Nanti tinggal kamu cari device modemnya di deveice manager dan isi seperti di atas
at+cgdcont=1,”ip”,”indosatgprs”
terus konek lagi deh
Ingat biasanya banyak yang nggak bisa karena tidak mengisi at+cgdcont=1,”ip”,”indosatgprs”

terima kasih telah mengunjungi, jika ada yang tahu bisa kita berbagi di sini.

Pa saya menggunakan Hp gsm kartu simpati, apakah petunjuk tersebut bisa diterapkan pada HP saya, tolong berikan tekniknya dong, terima kasih

kalo pake kartunya pake simpati saya blm pernah, tapi sebelumnya saya tanya dulu, udah bisa internetan pake hape belum ? (tanpa tersambung ke komp).
Kalo udah bisa kamu tinggal setting komp kamu dengan mengubah setting= at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs” (liht di properties my computer) dengan : at+cgdcont=1,”IP”,”telkomsel”
Untuk yang lain :
XL : at+cgdcont=1,”IP”,”www.xlgprs.net”
Telkomsel Flash : at+cgdcont=1,”IP”,”flash”
Telkomsel Volume (12/kb) : at+cgdcont=1,”IP”,”telkomsel”
Indosat : at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs”
Axis (NTS) : at+cgdcont=1,”IP”,”axis”
Three : at+cgdcont=1,”IP”,”3gprs”

mas saya udah nyoba pake im3 tapi gagal. trus sya coba pke simpati trus langsung bisa. tapi saya gak bisa buka google .kurang apa ya mas?? gimana mas tlg jwbannya ya ke email saya jngan lupa sertakan no hp yang bsa di hubungi. ntar kalo ada masalah lagi biar aku bisa bicara langsung ma mas. makasih sebelumnya….

apa mungkin google pada saat itu sedang error. Kalo yang lain bisa dibuka misal yahoo.com, atau yang lain bisa berarti tidak ada masalah dengan internet. Kalo komp mu ada software pem block web jg bisa membuat g bisa ke google.
Kalo komp mu bersih / standard tidak ada software2 untuk membatasi internet saya kira seharusnya bisa.
Untuk yang im3 coba diulangi lagi tutorialnya mungkin ada yang kurang teliti.
Ngomong2 yang comment ini semua pake n-gage ya…
No HP ku udah tak cantumin di tutorial ini.
Makasih atas kunjungan dan diskusinya.

Wah…Mas kalo pk n 3230 pke irda settingnya sm aja gk?Terus coneksi antara bluetooth,irda dan kbel data,mana yang lebih baik,mohon bntuannya krn msh thp belajr,krm ke email ku ja,thank be 4

mas, aku pake nokia ngage juga,, dari kemarin cari driver ngage untuk bluetooth modem gak ketemu,, bisa minta tolong dikirim ke mail saya nggak..? thx ya..

Untuk M. Rouf
Sebenarnya aku lom pernah utk yang n3230.
Tapi aku udah coba beberapa HP nokia : untuk n-gage koneksi yang berhasil pake bluetooth. Kalo n-gage pake kabel data aku blm pernah bisa, kalo ada yang bisa aku dikasih tau ya…, kalo n-gage dikoneksikan pake kabel data cuman terlihat adanya usb flash sebagai drive. Aku udah pernah juga HP 7160, N-70,satunya aku lupa tapi juga Nokia juga berhasil dengan kabel data.
Kalo pake Kabel data harus install PCsuite
Kalo udah bisa diinstal udah terlist di daftar di pcsuite (lihat di systray).
Kamu setting modem di device manager my computer.
Lihat di hardware modem HP kamu. Terus klik kanan properties. Isi di tab advance dengan at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs”
untuk yang indosat, kalo nonindosat bisa lihat di comment atas.
Prinsipnya sama bro. Terus koneksikan melalalui connection di start > accessories.

Utk M.Rouf (ada yang ketinggalan)
Pake bluetooth n-gage koneksi transfer data dari komp ke HP cuman 124 kbps (kalo g salah)
Kalo pake kabel data N-7610 sampai 420 Kbps.
Tentu saja kalo dilihat secara keseluruhan lebih baik pake kabel data.

Kalo kamu punya bluetooth dan HP n-gage udah kamu ikuti aja cara yang saya tulis ini.
Nanti kalo udah terinstall driver bluetooth kamu. Dia akan minta search bluetooth device. Lhah ketika udah konek dengan bluetooth Hp kita, dia akan secara otomatis install semua perangkat ke Komp (aku pake win XP kalo win 98 g tau).
Kamu nggak usah mikirin instal driver bluetooth modem HP).

ow gitu.. thx kalo gitu bro sulax..🙂

Thank y mas,aku coba2 dulu

kk tlng dibantu ya,
aku pengguna hp nokia dan menggunakan kartu IM3
aku masih mentok dimasalah seting gprs, aku masang gprs menggunakan OP service, setelah mendapatkan balasan dr OP
trus aku save tp saat akan browsing menggunakan HP selalu muncul pesan “services: system error”
kira-kiar yang salah apa ya???
tolong saran dan solusinya,
than”x… ^_^

HP Nokia serie apa ?

Check hasil settingan dengan setting manual …

ya sama2, terima kasih mampir ke tempatku sorry seperti ini lah rmhku…

Salam kenal,mas. Tutorialnya ok bngt,udah aq coba,cuma masih gagal konek. Aku pengguna Nokia 7610 + im3. Koneksi kabel data n udah di setting sesuai petunjuk,tapi tetep aja gak konek. Trs kemaren aq coba pake kartu as telkomsel,malahan bisa. Cuma kan mahal mas kalo pake telkomsel. Oh ya,kalo internetan pake hp langsung gak masalah,tokcer. Buktinya ini aq lagi ol pake 7610 + im3. Tolong kiat n sarannya mas. Pusing nih. Thanxs ya…

kalo boleh tau kamu konek lewat connection dari start >> All Program >> accessories >> communication >> network communication
atau lewat dari tray nokia pc suite >> connect to the internet

Kalo lewat connect to the insternet pas konek dia ngerubah di at+cgdcont ….

Coba aja dilihat benar nggak
kalo udah setting modem device di advance nya di extra initializing commandnya konek aja di connection di accessoires >> ini nggak ngerubah extra command yang udah kita isi.

Dishare donk yang pake telkomsel ….ngmng2 aku blm pernah lo…

Thx telah mampir …

Wah, bgus mas tutorialny… Bleh di jadikan bahan referensikan,he..he..he..

bungg ,, kalo pake kabel data gmna yah??

HP nya BenQ Siemens E61 ,, bisa ga tuh ??

pusing nihh ,, kan kalo pake kabel data ga akan ada yg kaya gambar no 5 .. gmna tuh ??

help me please ……..

Mas Sulax Wrote :

“Dishare donk yang pake telkomsel ….ngmng2 aku blm pernah lo…”

Aku pake telkomselflash yang unlimited mas,,settingnya cuma rubah Jadi (kalo telkomselflash unlimited gak pake username+password lho)…

trus karena aku pake ngage classic juga,,pas setting modem untuk windows itu aku pake driver bawaannya windows.. (standard modem 33600kbps) trus portnya aku set ke bluetooth DUN (punyaku port 14, pake merek mitsumi). langsung deh dia nyambung..🙂

yang lainnya sama..

mas nek n-gage clasic ki ada pc suite yang cocok tidak. ha masalahe aku durung ketemu2 je. apa mas sulak punya? makasih ya.

saya punya hp 3530, bisa di pake buat ngenet g???di tunggu lho jawabannya

bro, klo pake n-gage n kabel data usb gmn tuh caranya..??

ajarin duuuunnnkkk….

maaf untuk semuanya…
Jawaban yang saya berikan agak telat, karena begitu sbk akhir2 ini hingga tidak bisa konek ke internet.

Luar biasa yang masuk ke web saya khususnya berhubungan dengan internet menggunakan HP.

Untk mas gemboer, jujur aja aku blm pernah berhasil menggunakan internet pake kabel. Dengan PC suite otomatis kita ingin mengknkan dengan kabel.

Dengan PC suite, N-gage tedeteksi tapi tidak bisa dilakukan penyambungan internet.

Dengan kabel data hanya akan muncul sebagai USB data seperti Flashdisk.

Berbeda dengan bluetooth, sepertinya memang maunya dengan bluetooth.
Paling kita tinggal nambah invest sekitar 40 rb aja.
Kalo kita banyak uang ya aku saranin beli modem aja disambung dengan internet yang mau ngasih unlimited.

Jujur aja internet pake HP dengan PC kurang efisien jika digunakan internet agak lama baik dari sisi biaya maupun koneksi.

Tapi jika kita malas ngenet ke warnet, mungkin agak jauh seperti kasus saya, belum lagi malas ketemu tukang parkir. padahal cmn mau buka email yang isinya nggak seberapa. Ya internet pake HP pilihan yang bijak.

Untuk Riko
Wuah HP 3530 belum memiliki fitur modem di dalamnya walau sudah bisa GPRS.

Untuk Delvi
Kabel data lebih gampang, liat komen di atas, kalo kamu bisa pake bluetooth pasti bisa pake kabel data karena lebih gampang.
Tutorial ini hampir mirip dengan kabel data.

Intinya pastikan kamu bisa internet pake HP kamu (liat settingan GPRS), terus kamu install PC Suite, terus isi at+cgdcont…..(lihat seperti diatas aku agak lupa), terus dah konek lewat network koneksi dengan modem kamu.

Udah bisa dech …

Terima kasih

lohh .. yg saya kok blum dijawab??

maaf mas oploz, kalo HP BenQ siemens aku kurang paham, msalahnya tidak pernah kalo aku jawab dengan perkiraan nanti malah menyesatkan…
Mungkin teman2 yang join di sini yang sudah pernah pake kabel data untuk HP siemens bisa share.

Aq pnah pke benq e61 wat modem.bisa koq.d setting lwt control panel.oia krtuny mndg pke m3 ajah yg laen c..MAHAL!!

makasih bos q tak beli hp yang bagus biar bisa ngenet lwt hp …….. mengko tak jajale…..mturswun

halo mas..
saya punya laptop. ingin koneksi internet melalui hp.
hp yang saya gunakan adalah sony ericson seri K
kartu GSM telkomsel. bagaimana settingannya?
saya coba pake kabel data, apakah boleh?ato harus pake bluethoot?
mohon penjelasannya.
thanks..
Wanton_s@yahoo.com

maaf saya tidak terlalu gaul dengan macam2 HP. Jadi saya jawab aja, yang penting spek HP kamu bisa pake kabel data. kalo bs tinggal diketahui juga py modem internal apa kagak. Kalo bisa pake kabel data mending pake kabel data daripada bluetooth.

Bisa dicoba dulu tutorialnya dan lihat comment2nya ada yang membahas penggunaan GSM telkomsel.
Thx

pak, ane pake soner k750i dengan blututh+im3 dah ane coba tetep g konek, pa da yg salah dengan modem internalnya? padahal ane dah ngikut tuh tutor berulang x dengan temen ane tp tetep g bisa. ane jg dah nyoba pake kabel data jg g mau konek.

selalu pastikan :
1. Berinternet pake HP harus bisa dulu (artinya setting internet di HP sudah benar).
2. Device di komp sudah terinstal dengan baik (hardware udah dikenali komp dengan baik)
3. Setting di initial command di isi dengan at+cgdcont …..

Mas giman seting internet via bluetoth ,extra advance ude di set querinya uda oke waktu dial kok eror tdk bisa registrasi,kalau extra advance di hapus bisa tpi hanya pake kartu as tpi kalau extra advance di isi selalu eror bantuin donk

tolong donk q pake 7610+im3 gprs dah ok,trus klo pk kabel data gmn sih caranya?
pliz..
thanx..

1. Instal PC suite
9. Jika udah diinstall maka di device managermu kelihatan nama modemmu. Lihat klik kanan My computer >> properties >> device manager >> Klik kanan modem hp kamu>> properties

Klik tab >> advance isi dengan at+cgdcont=1,”ip”,”indosatgprs”

Jika ada ada tanda konek di network connection : start menu >> all programs >> accessories >> communication >> network connection >>Kemudian muncul dan klik kanan >> connect

Muncul deh tampilan untuk Ketik username : gprs,password : im3 dan dial : *99#

Langkah akhir jika udah ada tanda connected maka tinggal ambil intenet explorer atau mozilla firefox tinggal ketik google enter pada addressnya.

mau tanya cara praktis smbung internet gunakan bluetoot dengan hp sambung ke laptop hitech h382

q pk hp nokia 3660 pngen internetan di rumah
caranya sama seperti di atas atau gk ???

Udah Sih Konek Tapi Signal GPRSnya Mati Melulu>>>
Mungkin Kurang Signal Stau>>>
Aku tunggu Nech Caranya>>>>

mas sulak,
saya memakai hp n-gage clasic dan kartunya im3(koneksi memakai bluetooth)
saya sudah mencoba berkali2 gagal..
btw memakai bluetooth ketika saya conect’kan muncul pesan error
“Error 734: The PPP link control protocol was terminated”

klau saya masukan parameter at+cgdcont=1,”ip”,”indosatgprs”
malah tidak sampai registering usetrname n password…
dan keluar pesan error
error 628:the connection was terminated by the remote computer… … …

pulsa internet saya Rp 0
pulsa reguler saya Rp 8000

apakah karena pulsa inet saya Rp 0 ya…

jes gmna sih caranya klo pke kabel data dan pake kartu im3??????

brow aq punya hp 7610 mau di jadikan modem dengan kabel data USB dan kartunya pke’ im3,,,gmna caranya??????aq tunggu jawabannya……

aku pake n3230 n bloutooth n komputer win xp
ketika udah konek internetnya,tapi tiba2 langsung terputus, kira2 apa ya masalahnya??
petunjuk mas yang di atas udah aku lakuin….

Bagaimana cara internetan lewat bluetooth PC ke HP dan settingannya? kasih tau ya…

kl pake axis gimana? katanya murah.accespoinnya apaan dan paswordnya? thanks ya

thank buanget atas pencerahannya ………….yu huiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
thanks……………………………………
thanks…………………………….
thanks…………………………

wuah dah lama g buka web ku

Alhamdulillah ada yang berhasil….
Yang belum tetap berusaha ya ….
Ikuti Tutornya, lihat koment2nya, moga2 bisa berhasil.

Maaf tdk bs intensiv banyak bantu krn lagi banyak kerjaan

saya punya hp 3100 terus waktu itu udah koneksi tapi setelah saya cabut hari berikutnya ngga konek lagi. gimana cara buat koneksi dengan hp 3100 yang benar….

Apa se beda nya modem 3G ama gprs di HP?thank mas..trs bagus yg mna?mnta pnjelasan nya ya

cara nyambungin internet dre kompi lewat HP ???!!!!???_______!??!!

gimana kalo sudh aktif telkomnetnya kemudia lalu gunakan im3. tadinya aku coba tetapi instant im3x,tetapi telkomnetnya hilang telkomnetnya

Ms. Hp q n7610, pke kbl dta+ m3 mau intrntan, kok mncul pesn error:721 terus ms gmna nich cra ngtsy? Tlng blsy krm k almt email q z mz?Thk

Pak,kalu untuk BLACKBERRI gimana?apakah kalu disambungkan ke PC harus sama seperti diatas?pernah aq coba kok sulit ya?

Maz kl setting network conection di pc gmn? tlg ya

Saya pakai nokia 7160 sebagai modem via kabel (AXIS) tapi selalu koneksinya eror, tolong informasinya, apakah di HP juga disetting ?

ap gk da cra laen yang lbh singkat………
misal ny join langsung tanpa kita setting dahulu…..!!!!!

kira2 ada efek sampingya gak internetan pake bluetoth?
rusak hpnya atw laptopnya?

berapa harga hp yg seperti laptop ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My FB

Masukkan email dulu utk langganan

Join 3 other followers

Ym ku

RSS VivaNews

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Ubuntu User

The Ubuntu Counter Project - user number # 24008

The Ubuntu Counter Project - user number # 24008

The Ubuntu Counter Project - user number # 24008

Statistik

  • 28,249 hits

Statistik

%d bloggers like this: